Wednesday, June 19, 2013

Pencampuran Kebudayaan

BY Unknown 1 comment

Di zaman yang sudah memasuki era kecanggihan dalam berkomunikasi pun berkembang begitu pesat dan cepat. Seperti yang kita tau, teknologi merambat dalam segala bidang di kehidupan terutama komunikasi. Sistem komunikasi sendiri merupakan suatu konsep dimana dalam komunikasi terdapat makna dari suatu pesan atau informasi yang terjalin dengan sinyal dan kode abstrak yang berubah-ubah. Dalam suatu sistem komunikasi tidak hanya terbatas pada cara menukar informasi, tetapi juga peralatan yang kelak akan diaplikasikan, implikasikan, manipulasi dan memiliki potensi dalam pertukaran informasi dalam sistem komunikasi. Tanpa adanya teknologi komunikasi yang canggih, maka takkan ada proses yang berjalan dengan baik, seperti halnya dengan perkembangan yang takkan lepas dari pandangan kita.

Dan definisi tentang budaya itu sendiri ialah, merupakan cara hidup berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok, dan diwariskan dari generasi ke generasi, terbentuk dari banyak unsure rumit seperti halnya agama, politik, adat istiadat, kesenian dan karya seni lainnya.

Teknologi merupakan salah satu komponen kebudayaan yang ikut memproduksi, memakai serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam tata cara manusia dalam mengorganisasikan di kehidupan masyarakat dalam cara-caranya untuk mengekspresikan rasa keindahan atau dalam memproduksi hasil kesenian.

Lain halnya dengan teknologi komunikasi, bukan hanya tentang tata cara masyarakat, tetapi bagaimana masyarakat berkomunikasi tentang tata cara yang ia gunakan. Bagaimana bila disangkut pautkan dengan kebudayaan? Teknologi informasi bila dihubungkan dengan kebudayaan akan menghasilkan suatu konklusi bahwa kebudayaan dan komunikasi itu berkaitan.

Komunikasi menjadi hal yang penting bagi kehidupan, karena manusia, sejatinya adalah makhluk sosial yang di masa sekarang sudah semakin mudah dalam berkomunikasi. Ternyata arus informasi dapat memberikan dampak yang cukup besar, mulai dari gaya hidup barat yang memberikan afeksi terhadap kehidupan timur akibat tayangan sehari-hari di dalam pergaulan, pola berfikir dan juga mengkonsumi dengan makanan. Semakin terlihat jelas, gaya hidup yang menjadi dominansi dalam kehidupan dipastikan akan menjadi trend bagi suatu kaum. Titik permasalahannya tidaklah terlalu kompleks, hanya satu, apakah kebudayaan asli Indonesia akan terkikis dan tergantikan oleh gaya hidup barat yang tabu?

Dalam segi positifnya, perubahan harus selalu diterima dan bisa menjadi batu loncatan terhadap orang timur dengan Negara asing yang akan mendapatkan banyak manfaat, baik di bidang ekonomi ataupun sosial. Tetap apabila kita melihatnya di dalam sisi negatif? Apakah semua hal terasa begitu baik dan kita tidak bisa memilah mana yang benar dan yang salah? Pergaulan yang masih dianggap awam bagi lingkungan lokal, kurang lebih dapat merusak keyakinan seseorang tentang apa yang ia anggap benar, lain halnya apabila orang yang bersangkutan sudah memiliki cukup umur, jiwanya tidak akan mudah terombang-ambing seperti usia muda lainnya.


Dan seperti halnya dengan ragam kebudayaan yang sangat banyak, tetapi apakah generasi muda akan terus terfokus terhadap hal-hal teknologi saja dan menyampingkan pentingnya berbudaya? Cobalah membuat suatu hasil atau karya seni bagi bangsa dan menyampurkan totalitas dalam menyebarluaskan kebudayaan, usaha yang baik, akan membawa hasil yang baik juga.

1 comment: